Pelaksanaan AKM

 Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) juga salah satu bagian dari AN 2021. Tentu tujuannya untuk mengevaluasi kualitas sistem pendidikan. Mulai dari tingkat satuan pendidikan, Kabupaten/Kota, Provinsi maupun nasional. Namun, AKM dalam Asesmen Nasional tidak melaporkan hasil individu di tingkat satuan pendidikan
Untuk itu, Kemendikbud Ristek melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) mencanangkan AKM kelas untuk membantu guru dalam memahami kemampuan literasi dan numerasi setiap individu peserta didik (siswa).
Setiap level disediakan paket asesmen membaca dan matematika yang berbeda tingkat kesulitannya. Tentu, dengan melaksanakan AKM kelas, guru dapat mendiagnosa capaian setiap individu peserta dalam kompetensi literasi dan literasi matematika.
Pelaksanaan AKM SD Negeri 1 Gunung Malang Dilaksanakan Pada Tanggal 22 November 2021 sampai Tanggal 25 November 2021, dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Dinas Pendidikan Dan Kebudaayaan Kab. Situbondo.

Protokol Kesehatan - Mencuci Tangan Sebelum Memasuki Ruang Tes ANBK
Protokol Kesehatan - Mengukur Suhu Peserta Sebelum Pelaksanaan
Protokol Kesehatan - Menjaga Jarak dan Menggunakan Masker Dalam Pelaksanaan

Soal yang di berikan Antara lain mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi.

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh siswa menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya.